DPRD Mukomuko Imbau Warga Nelayan Waspada Cuaca Ekstrem

0
8 views
BARU

TRENDFOKUS.COM-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mukomuko M. Ali Saftaini, SE mengimbau warga yang biasa beraktivitas di laut agar mewaspadai cuaca ekstrem yang masih mungkin terjadi dalam beberapa hari ke depan.


“Kami minta masyarakat, khususnya nelayan, untuk selalu berhati-hati saat melakukan aktivitas di laut agar tidak terjadi kecelakaan kerja,” kata Politisi senior Ali Saftaini, Rabu (3/4)

Menurut dia, cuaca saat ini masih belum menentu dan sering terjadi perubahan secara mendadak dari cerah menjadi hujan lebat yang sering juga disertai angin kencang.

Cuaca seperti ini sangat berbahaya sehingga diminta warga selalu waspada dan tidak memaksakan melaut karena dikhawatirkan bisa membahayakan.

“Kami minta nelayan untuk selalu melengkapi diri dengan peralatan keselamatan, radio komunikasi, persediaan bahan bakar yang cukup dan selalu memantau perkembangan cuaca yang diterbitkan BMKG, serta yang paling penting tidak perlu memaksakan diri melaut pada saat cuaca tidak memungkinkan,” ujarnya.

Ia mengatakan, dalam beberapa hari terakhir di wilayah perairan Pantai Indah Mukomuko (PIM) telah terjadi dua kali kecelakaan di wilayah perairan yang mengakibatkan korban meninggal dunia.

Pada Minggu (31/2) seorang laki-laki berinisial L (45) warga yang biasa menjaring ikan di pesisir Pantai Mukomuko mengalami Karam ditemukan meninggal dunia di Pantai Pasar Sebelah.

Sebelumnya, yaitu pada Senin (1/4), tim gabungan BPBD Mukomuko, Polsek Kota, Polres dan tim dari TAGANA berhasil melakukan evakuasi penemuan mayat di Pantai Pasar Sebelah.

“Dari dua kejadian itu kami meminta warga untuk selalu berhati-hati, jika kondisi badan sedang tidak sehat badan sedang tidak sehat dan cuaca tidak memungkinkan maka jangan terlalu memaksa untuk melaut atau mencari ikan di tepi pantai karena bisa membahayakan keselamatan diri,” katanya.

“saya berharap dengan dua kejadian tersebut bisa menjadi peringatan bagi seluruh warga, terutama yang biasa beraktivitas di laut untuk selalu berhati-hati dan ada baiknya untuk menunda hingga cuaca normal,”harap Ali. (TH/ADV)