Era Sapuan, Dana 61 Miliar Rumah Sakit Pratama Dibangun.

0
530 views
BARU

TRENDFOKUS.COM-Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu tahun 2023 menyiapkan dana sebesar Rp61 miliar untuk membangun Rumah Sakit Pratama di daerah ini.

“Dana untuk pembangunan fisik Rumah Sakit Pratama yang telah disiapkan sebesar Rp61 miliar,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Mukomuko Jajad Sudrajat di Mukomuko, Sabtu.

Seperti dilansir media ANTARA.com bahwa Pemerintah Kabupaten Mukomuko tahun 2023 mendapatkan alokasi dana sebesar Rp61 miliar untuk pembangunan Rumah Sakit Pratama dari pemerintah pusat.

Pihaknya tahun ini melakukan studi kelayakan pembangunan Rumah Sakit Pratama, seperti lokasi untuk pembangunan rumah sakit tersebut sudah sesuai dengan tata ruang, sedangkan hasil studi kelayakan memenuhi ketentuan.

Selain itu, katanya, Rumah Sakit Pratama tersebut bisa menerima pelayanan kesehatan dari wilayah mana saja.

“Dan sejauh apa jaraknya, apakah lokasinya itu berpotensi pengembangan rumah sakit ke depan,” ujarnya.

Pihaknya juga melihat dari sisi lingkungan, keekonomian, transportasi sehingga rumah sakit layak ditempatkan di Desa Air Buluh, Kecamatan Ipuh.

Selain itu, katanya, pemerintah membangun Rumah Sakit Pratama tersebut karena jarak dengan rumah sakit terdekat lebih kurang 160 kilometer, baik dari RSUD Mukomuko maupun rumah sakit di Bengkulu.

Ia menargetkan lelang perencanaan pembangunan Rumah Sakit Pratama pada Desember 2022 kemudian lelang fisik diharapkan sekitar April dan Mei 2023 karena tahun 2024 RSUD harus sudah difungsikan.

Terkait dengan sumber daya manusia untuk bekerja di Rumah Sakit Pratama, pihaknya mempunyai nota kesepahaman dengan Universitas Andalas Padang untuk merekrut tenaga spesifik dokter spesialis.

Terkait dengan tenaga kesehatan seperti bidan dan perawat, pihaknya akan memberdayakan sumber daya manusia di Kecamatan Mukomuko Selatan untuk dioptimalkan.

“insyaallah lelang fisik sekitar April dan Mei tahun 2023, karena Tahun 2024 Rumah Sakit udah bisa sifungsikan,”Demikian Jajad. (TH/ADV)