Ujung Padang Masuk Nominasi 5 Desa Terbaik di Mukomuko

0
290 views
BARU

Mukomuko, Trendfokus – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa merilis desa terbaik tahun 2022. Mulai kategori Desa Mandiri, Desa Integritas, dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terbaik, dari 148 desa di Kabupaten Mukomuko.

Ini 5 Desa Mandiri Terbaik di Kabupaten Mukomuko:
1. Desa Pulau Payung
2. Desa Medan Jaya
3. Desa Sumber Makmur
4. Desa Penarik
5. Desa Ujung Padang

Indikator penilaian Desa Mandiri ini adalah, mulai dari Index Desa Membangun (IDM), bidang ekonomi, sehatan, pendidikan, jumlah penduduk, dan jumlah angka kemiskinan.

” Kelima desa mandiri terbaik ini nanti akan ada pin serta piagam penghargaan dari Kementerian Desa RI, yang nanti akan kami serahkan dalam bulan Februari ini kemasing-masing desa,” ungkap Haryanto Kadis PMD Mukomuko, dilansir dari Batuahnews.id.

Sementara untuk Desa Integritas, hanya ada satu desa, yaitu Desa Lubuk Sanai, Kecamatan XIV Koto. Desa ini adalah satu-satunya desa di Kabupaten Mukomuko dibawah binaan KPPN dan KPK dalam program Desa Anti Korupsi.

Untuk BUMDes terbaik di Mukomuko, juga terbaik se-Provinsi Bengkulu adalah, BUMDes Banjar Sari, Kecamatan Sungai Rumbai. Sedangkan untuk kategori Desa Tertinggal terbaik, Desa Sendang Mulya, Kecamatan Penarik. Desa Sendang Mulya ini juga terbaik kedua tingkat Provinsi.

” Saat ini kami juga tengah mengurus pemekaran 1 desa lagi. Progressnya masih tahap audiensi dengan Kemendagri. Yaitu Desa Talang Makmur, di Kecamatan Malin Deman. Mengingat adanya program tranmigrasi dari pemerintah pusat saat ini,” tutup Haryanto.(th/ADV)

 

Redaktur : Toha Putra