Distan Mukomuko Imbau Peternak Jaga Kebersihan Kandang Antisipasi LSD

0
23 views
BARU

Trendfokus.com-Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Pertanian dan Perikanan mengingatkan kepada para peternak sapi di daerah itu untuk menjaga kebersihan kandang secara rutin, guna menghindari penularan penyakit lumpy Skin Desease (LSD) atau antraks yang bisa menyerang ternak tersebut.

„kami meminta kepada para peternak kepada seluruh peternak yang di Kabupaten Mukomuko untuk selalu menjaga kebersihan kandang,“Kata Kepala Dinas Petrtanian, Apriansyah, ST.MT melalui salurang Telfhon.

Menindati surat dari dinas Pertanian Provinsi Bengkulu, pemerintah Provinsi turut mengintruksikan seluruh peternak sapi pada daerah itu untuk selalu menjaga menjaga selalu kandang ternak secara  rutin.

Dimana kebersihan kandang secara rutin tersebut dapat mencegah penularan penyakit LSD yang menyerang ternak sapi.

Dikatakan Kepala Dinas Pertanian Mukomuko, Apriansyah, ST.MT, LSD merupakan memyakit bintil-bintil pada sapi yang disebabkan oleh virus. Meski virus itu tidak bersifat zoonasis atau menularkan kepada manusia, namun daging hewan ternak yang terjangkit penyakit tersebut tidak layak untuk dikonsumsi.

“penyakit LSD itu disebabkan oleh virus, namun tidak bersifat zoonasis,”kata Apriansyah.

Selain dilakukan kebersihan secara rutin, perlu dilakukan pemisahan terhdap ternak-ternak guna menghindari penularan antar sesame hewan ternak.

Selain penyakit LSD, yang perlu diwaspadai yakni penyakit antraks, meski hingga saaat ini di Mukomuko masih terbebas dari antraks, namun penyakit yang disebabkan bakteri bacillus antrhacis tersebut bersifat mematikan. (Th/ADV)