Hadiri Pelantikan Panwaslu Se-Kecamatan, Bupati MM Ajak Ciptakan Pemilu 2024 Yang Demokratis

0
22 views
BARU

Trendfokus.com-Bupati Mukomuko H.Sapuan,SE. MM.Ak.CA.CPA diwakili Sekda Yandaryat.P menghadiri Pelantikan dan Pengambilan sumpah/janji serta pembekalan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Se-Kabupaten Mukomuko yang di selenggarakan disalah satu Aula Hotel Madiara, Kamis (27/10).

Sebanyak 45 Orang Panwaslu 15 Kecamatan Se-Kabupaten Mukomuko yang dilantik terdiri dari 3 orang perwakilan setiap kecamatan dan langsung diberi pembekalan terkait pengawasan pemilu.

Pada kesempatan tersebut Bupati Mukomuko dalam hal ini diwakili Sekda Mukomuko Yandartayat.P menyampaikan, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Mukomuko mengucapkan selamat dan tahniah bagi Panwaslu Se-Kabupaten Mukomuko yang baru dilantik, mudah-mudahan saudara-saudari dapat menjalankan amanah yang telah diberikan ini dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kemudian lanjut Yandaryat, momentum ini merupakan bagian dari upaya kita bersama untuk semakin memperkokoh komitmen agar dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada Tahun 2024 di Kabupaten Mukomuko nantinya dapat terlaksana dengan baik tanpa pelanggaran, sehingga Pilkada yang aman, damai dan sejuk dapat tercipta.

“Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada baik Presiden, Gubernur, Bupati, dan Walikota. Dan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, menyatakan bahwa salah satu tugas Panwaslu adalah mengawasi persiapan penyelenggaraan pemilu serta pelaksanaan tahapan penyelenggaraan pemilu,” jelas Yandaryat

Oleh karena itu, kata Yan, Panwaslu sebagai personil yang mengawal tugas pengawasan pemilu harus dapat bersikap adil. Kejujuran dan sikap non partisan harus dimiliki dan dijunjung tinggi oleh setiap personil yang bekerja di Panwaslu serta melakukan pencegahan dan penindakan di wilayah Kabupaten/Kota terhadap pelanggaran pemilu dan sengketa proses pemilu.

Salah satu pilar penting dalam penyelenggaraan pemilu yang demokratis adalah aspek pengawasan, yang menjadi tugas yang saudara emban sebagai personil Panwaslu. Sinergi antara Panwaslu dengan KPU sebagai penyelenggara pemilu menjadi harapan kita semua untuk terselenggaranya pesta demokrasi yang berkualitas, terang Bupati diwakili Sekda Yandaryat.

“Kepada anggota Panwaslu yang baru dilantik jagalah amanah yang dipercayakan kepada saudara/i, bekerjalah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, bekerjalah setulus hati, hati-hati dan jangan sesuka hati,” pesan Sekda

Selain Bupati Mukomuko dalam hal ini Sekda Mukomuko, tampak hadir calam acara tersebut Dandim Mukomuko, Kapolres Mukomuko, Kepala Kejari Mukomuko, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mukomuko M.Ali Saftaini.