Tingkatkan Wawasan Lokomotif, PWI Mukomuko Gelar Pelatihan Jurnalis

0
30 views
BARU

MUKOMUKO (trendfokus.com)-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mukomuko gelar pelatihan  tentang Jurnalistik dan Kehumasan  di Aula Kepegawaian Daera (BKD) Kamis (23/7). Acara ini dilaksanakan satu hari penuh dengan Tema “Tingkatkan Profesionalitas dan Etika Jurnalistik’

Acara pembukaan dihadiri Bupati Mukomuko Choirul Huda< SH, Kapolres Mukomuko, Dandim 0428 Mukomuko yang diwakili Danramil 0428-01 Mukomuko, Kajari Mukomuko, Ketua Pengadilan, Kadis Kominfo Mukomuko, Kepala Kesbangpol Mukomuko, Kemenag, Bawaslu Mukomuko. Tak hanya itu, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Mukomuko,  Aliansi Media Bengkulu Online (AMBO) serta sejumlah undangan lainnya juga ikut hadir.

Ketua PWI Provinsi Bengkulu, Zacky Antoni menyampaikan dalam paparan materinya kepada seluruh peserta jurnalistik agar mengedepankan kode etik pers. “Jangan kita asal buat berita. Kedepankan kode etik, minimal harus ada narasumber dan usaha konfirmasi kepada 2 pihak. Dan tidak boleh satu pihak. Itulah sebagai wartawan profesional, kita wajib pegang teguh kode etik jurnalistik,” terang Zacky.

Sementara itu Ketua PWI Mukomuko Budi Hartono mengatakan, perkembangan arus informasi dibarengi pertumbuhan industri media massa harus disikapi dengan pengetahuan kejurnalisan yang baik. kinerja jurnalis harus sesuai standar yang diatur pada kode etik jurnalistik. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 60 Jurnalis yang tergabung dari Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Mukomuko, Aliansi Media Bengkulu Online (AMBO)

“Pengetahuan peserta yang mengikuti pelatihan harus meningkat, kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membangun sinergitas semua sektor dengan memiliki pengetahuan akan pentingnya informasi dan pengetahuan penulisan yang baik,” tutur Budi yang sering disapa manden mboo ini.

Di lain pihak, Bupati Mukomuko menyampaikan, pelatihan jurnalistik yang diadakan PWI Mukomuko  merupakan sebuah bentuk sinergitas yang selaras dengan apa yang menjadi visi Pemerintah Kabupaten Mukomuko, yaitu menjadikan Mukomuko “Hebat dan Sejahtera”. Media merupakan salah satu pilar yang strategis, yang mana dapat merubah sesuatu yang buruk menjadi baik, baik menjadi buruk begitu juga sebaliknya menciptakan sebuah daerah tidak maju menjadi daerah maju,  daerah maju menjadi daerah tidak maju, yang artinya peran pers sangat besar.

“saya  bangga pagi ini, saya berharap keharmonisan selalu terjalin dengan baik, berdaya saing, aman, dan taqwa itu bisa terwujud, karena apapun bentuknya wartawan  adalah salah satu lokomotif bagi pergerakan yang ingin kita wujudkan, yakni Mukomuko Hebat, Agar pembangunan dan potensi suatu daerah dapat diketahui masyarakat baik daerah, provinsi, nasional maupun internasional, pers adalah solusinya. Yang pada akhirnya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Mukomuko,” pungkasnya.

Redaktur : Toha Indra Putra