Kepala Desa Ujung Padang Resmi Tabur 27 Ribu Benih Ikan Lele Pada Kolam Sistem Bioflok

0
93 views
BARU

Trendfokus.com-Pemerintah Desa Ujung Padang, Kecamatan Kota Mukomuko, Kabupaten Mukomuko, resmi taburkan benih ikan lele di kolam dengan sistem Bioflok.

Benih yang ditebar adalah benih ikan lele, yang merupakan bantuan bagi masyarakat relokasi yang terdampak abrasi pantai di Desa Ujung Ujung Padang. Bantuan yang diberikan merupakan perioda pertama dengan jumlah total 27.000 ekor benih ikan lele untuk 9 kolam.

seperti dijelaskan Edwin Novilwan selaku penyuluh perikanan Kecamatan Kota Mukomuko, bahwa keunggulan-keunggulan budidaya ikan dengan sistem bioflok, diantaranya adalah budidaya ikan dapat dilakukan pada lahan yang terbatas karena padat tebar yang tinggi, budidaya dengan penggunaan air yang lebih sedikit dimana apabila flok sudah terbentuk maka tidak perlu penggantian air hingga masa panen, serta efisiensi pakan dimana 0,7-0,9 Kg pakan dapat menghasilkan 1 kg daging ikan, selain itu kotoran dan sisa pakan yang diubah menjadi “flok” dapat menjadi makanan tambahan bagi ikan. Keunggulan dari sistem bioflok ini dapat diperoleh apabila dilakukan penanganan dengan baik.

Kepala Desa Ujung Padang Tarmizi secara resmi taburkan benih ikan lele di kolam sistem Bioflok

“saya sangat berharap Kedepannya bantuan ini mampu menstimulasi masyarakat untuk membudidayakan ikan, salah satunya dengan sistem bioflok. Selain itu mampu meningkatkan perekonomian masyarakat saat paceklik yang sebagian besar berfotensi nelayan. Setelah produksi ikan lele di kolam sistem bioflok sudah meningkat, stabil dan berkelanjutan maka Desa Ujung Padang akan menjadi sentra ikan lele untuk Kabupaten Mukomuko,”harapnya

Tarmiz,ST Kepala Desa Ujung Padang saat ditanya awak media trendfokua.com berharap, semoga usaha kolam lele sistem bioflok ini bisa dilestarikan dengan baik, dan dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Ujung Padang secara keseluruhannya.

“saya sangat bangga sekali pada hari ini, dimana masyarakat Desa Ujung Padang sangat antusias sekali dengan adanya budidaya ikan lele ini, semoga kedepan bisa berkembang dengan baik, dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyaraka Desa Ujung Padang secara keseluruhannya,”harap Tarmizi.

dalam acara tersebut turut hadir, Bapak Kepala Desa Ujung Padang, Ketua BPD, Babinkamtibmas, Babinsa, penyuluh perikanan Kecamatan Kota Mukomuko dan seluruh anggota kelompok budidaya ikan lele Desa Ujung Padang.