Trendfokus.com-Upaya percepatan penanggulangan Covid-19 saat ini menjadi program prioritas seluruh lembaga pemerintah. Tak terkecuali PKK Kabupaten Mukomuko yang merupakan mitra pemerintah daerah. Hal ini terlihat jelas dalam Rapat Koordinasi dan Pembinaan 10 Program Pokok PKK bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Mukomuko bersama TP PKK dari 15 kecamatan.

Selain mengevaluasi pelaksanaan 10 program pokok di tingkat kecamatan, TP PKK Kabupaten Mukomuko kali ini memberikan perhatian khusus terhadap upaya percepatan penanggulangan Covid-19. Apalagi Mukomuko telah termasuk zona merah penyebaran Covid-19.

Rakor yang dipimpin Ketua TP PKK Kabupaten Mukomuko Ny. Nurliyana Habsah, Kamis (17/6) ini digelar langsung di Aula Balai Daerah Kabupaten Mukomuko. Turut mendampingi, Sekretaris PKK Provinsi Bengkulu Ny. Hj Mariani.

Agenda ini merupakan tindak lanjut atas evaluasi pelaksanaan 10 program pokok oleh tim Provinsi Bengkulu yang diketuai Derta Wahyudin Rohidin. Beberapa hal yang dibahas dalam Rakor ini, antara lain percepatan penanggulangan Covid-19 di masing-masing wilayah.

Dalam kesempatan ini, Ny. Nurliyana Habsah Sapuan menyampaikan, untuk memutus persebaran Covid-19 pihaknya mencanangkan gerakan penanaman tanaman obat keluarga (TOGA) di setiap kecamatan dan desa. “Antara lain jahe merah, kunyit, serai, dan empon empon. Koordinator desa dan kecamatan juga harus rajin menyosialisasikan protokol kesehatan”, jelasnya.

Edukasi protokol kesehatan yang perlu disampaikan, misalnya menjaga kebersihan, mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak (social & physical distancing), mengindari jabat tangan dan kontak fisik, menggunakan masker apabila harus bepergian, serta menerapkan gaya hidup sehat dan mengkonsumsi makan makanan bergizi.

 “Momen ini juga bisa dimanfaatkan untuk lebih dekat bersama keluarga. Memberikan perhatian khusus kepada suami dan anak-anak dengan lebih leluasa”, tambahnya.

Dalam rakor ini, terlihat juga para pengurus tingkat kecamatan dari seluruh Kabupaten Mukomuko melaporkan berbagai kegiatan, termasuk upaya penanganan Covid-19 yang telah dan sedang dilaksanakan. Organisasi kemasyarakat di tingkat RT/RW juga harus terlibat, agar sosialisasi dan protokol kesehatan sampai di tingkat bawah.

“TP PKK akan selalu bersinergi dan berpartisipasi baik ditingkat Pusat, Provinsi maupun ditingkat Kabupaten akan terus mengajak mensosialisasikan vaksin untuk Kabupaten Mukomuko walaupun ditengah pandemi Covid 19 ini.” Tutup Nurliyana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here