Trendfokus.com-Banyaknya bermunculan kasus pidana korupsi yang menyeret sejumlah aparatur pemerintah Kabupaten Mukomuko, dianggap sebagai akibat dari lemahnya pengawasan dari pemerintah.

“inspektorat selaku lembaga pemerintah pengawasan daerah, dinilai ikut andil. Kinerjanya dipertanyakan lantaran satu persatu oknum aparatur pemerintah, secara bergilir berurusan dengan kasus korupsi.”ungkap salah seorang pengacara muda Muhammad Taufik, SH. Selasa (8/6) di kedimannya

“Kinerja dan kredibilitas Inspektorat selaku badan pengawasan daerah dipertanyakan. Terkesan fungsinya tidak berjalan.”

Ia menjelaskan pengawasan aparatur pemerintahan terlihat lemah. \

Aneh rasanya, ketika banyak pejabat di Mukomuko tersangkut masalah hukum, baik itu ditingkat pemerintahan itu sendiri maupun di tingkat desa. tapi sebaliknya  inspektorat tidak menemukan adanya pelanggaran dalam lingkup pemerintahan. Bahkan banyak pengaduan-pengaduan yang datang silih berganti dari NGO/LSM dan beberapa pembertaan terkait dugaan korupsi. Banyak diam dan selalu menonton.”saya heran dengan kinerja inspektorat Mukomuko ini, apa mereka tidak paham dengan fungsinya sebagai control pemerintah ? atau mereka pura-pura tidak tahu ? ataupun tahu tapi tidak mau menindak ?, kita lihat sendiri, banyak pengaduan dugaan korupsi baik itu dari NGO/LSM, tapi apa yang kita lihat ? inspektorat terkesan menonton dan tidak berani berbuat apa-apa, dan banyak contoh lainnya.” Kesal Taufik yang juga terkenal kritis ini.

kritikan keras juga datang dari aktivis muda berbakat dan multitalenta, Weri Trikusuma Ria,SH.MH dia menjelaskan, Inspektorat sebagai unsur pengawasan internal seharusnya terlebih dahulu mengkroscek kinerja dan keuangan melalui audit, review, evaluasi, pemantauang, dan kegiatan pengawasan lainnya.

Namun sayangnya, lanjut Weri, pihak Inspektorat Mukomuko terkesan lalai dalam pelaksanaan pengawasan yang mengakibatkan banyaknya temuan tersebut.

“Seharusnya Inspektorat mengecek terlebih dahulu administrasi setiap instansi sebelum diserahkan ke BPK RI. Kita minta bupati untuk mengevaluasi kembali kinerja Inspektorat Mukomuko  ,” pintanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here