Kisah Sweknyo, Sosok Kepala Desa Yang Berhasil Membangun Desa

0
29 views
BARU

KEPAHYANG, trendfokus.com- Menjadi kepala desa di saat ini tidak cukup hanya dengan memenangi pilihan saja, melainkan juga harus mempunyai visi dan misi serta realisasi yang jelas mengenai pembangunan ekonomi di desanya.

Bahkan Kepala Desa saat ini memiliki peran yang sangat menentukan bagi kesejahteraan warga desa, Seperti halnya Sweknyo , Kepala Desa Bukit Menyan, Kec. Bermani Ilir, Kab. kepahyang ini dinilai sukses membangun desa sejak 9 tahun kepemimpinannya.

Diakhir masa jabatannya ini ia terus berupaya untuk membangun desa menjadi lebih baik dan maju lagi, khususnya pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat.

Seperti Pembuatan Water Boom yang saat ini sedang digarap yang dinilai sangat efektif untuk meningkatkan pendapatan desa,
pengadaan barang / alat untuk para industri rumahan, pelatihan kerja serta pembangunan infrastruktur yang bertujuan penguatan ekonomi masyarakat serta renofasi jalan Usaha tani (JUT) dan kelancaran pelayanan masyarakat.

Swik yg akrab disapa dan ramah terhadap sesama, selaku Kepala Desa menyampaikan semua pembangunan yang ada di desa ini para pekerjanya merupakan warga sekitar (bukit menyan) dan anggarannya dari dana desa,

” Tentunya sudah sesuai dengan mekanisme. Mudah-mudahan semua pembangunan ini bisa dirasa manfaatnya oleh warga masyarakat Desa bukit menyan dan menjadikan desa ini lebih baik dan lebih maju dari sebelumnya, ” Kata Swek Rabu(26/03).

Dikatakannya, Siapapun nantinya yang terpilih menjadi kepala desa, menurut Swek, setidaknya mampu melanjutkan pembagunan yang saat ini sudah dalam proses perencanaan dan tertuang dalam RKPDes tahun 2020, ” Bahkan mampu menciptakan suasana yang berbeda dari sebelumnya. ” Imbuh Bapak Beranak dua ini

Terpisah, Salah satu warga masyarakat Barokah menyampaikan, sebagai warga desa Bukit Menyan dirinya berterima kasih kepada pemerintah desa, karena sudah berhasil membangun desa menjadi lebih baik,

” Semoga dengan dibangunnya beberapa infrastuktur di desa ini bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat serta membuka peluang kerja bagi warga setempat, Karena Dana Desa yang dikucurkan pemerintah untuk pembangunan di pedesaan, memang bertujuan untuk meningkatkan masyarakat dan perbaikan ekonomi warga desa. ” Tuturnya. (toha)